Perbedaan Windows 7 dan Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft, sedangkan Windows 7 merupakan versi lawas yang dirilis pada tahun 2009. Tapi Windows 7 masih memiliki basis pengguna yang cukup besar.

Untuk yang mempunyai lisensi asli atas windows 7 dan Windows 8 dapat melakukan upgrade secara gratis tanpa perlu lagi membeli lisensi Windows 10.
perbedaan windows 10 dan windows 7
Perbedaan tampilan start menu di Windows 7 dan Windows 10
Beda dengan sebelumnya, kalau mau upgrade OS Windows ke versi teranyar harus kembali membeli lisensi secara terpisah.

Bagi yang tertarik upgrade dari Windows 7 ke Windows 10, berikut beberapa perbedaan antara Windows 7 dan Windows 10.

Tampilan 
Beberapa tampilan di Windows 10 akan jauh berbeda dengan tampilan di Windows 7.

Karena Windows 10 dibuat untuk mengakomodir tampilan di PC dan tablet sedangkan Windows 7 hanya untuk pc maka ada beberapa tampilan yang dimaksimalkan.

Beberapa perbedaan tampilan tersebut yaitu di Start MenuFile Explorer, dan tambahan Notifications Area

Tampilan Start Menu 
di Windows 10 terlihat lebih modern dengan icon yang mengotak yang disebut sebagai tampilan metro.

Sedangkan di Windows 7 tampilan start menu lebih sederhana dengan menampilkan daftar aplikasi dengan beberapa folder atau file yang dapat diakses langsung dari Start Menu.

Tampilan metro yang lebih menarik juga akan membuat konsumsi ram akan bertambah karena memungkinkan pembaruan informasi dari aplikasi yang kita atur tampil di Start Menu.

Perubahan tampilan Start Menu yang sudah familiar di Windows 7, membuat pengguna Windows 10 harus membiasakan diri menggunakan tampilan yang baru.

Tampilan File Explorer
Penambahan pilihan Quick Access dan One Drive pada tampilan di File Explorer dan menghilangnya  tambahan informasi pada pada bagian bawah saat akses ke folder atau file menjadi perbedaan dengan tampilan File Explorer di Windows 7.

Quick Access akan menampilkan file atau folder yang sering kita akses atau terakhir kali diakses.

Hadirnya Quick Access memang akan memudahkan untuk mengakses kembali file atau folder yang sering kita buka, tapi juga akan menggangu privasi.

Untuk menonaktfikan Quick Access menampilankan file atau folder yang sering kita akses, silahkan baca disini.

One Drive di File Explorer merupakan folder sinkronisasi antara file di perangkat kita dengan penyimpan di awan, One Drive.

Tambahan Notifications Area 
Notifications area terletak dipojok kanan taskbarNotifications area menampilkan notifikasi dari sistem, aplikasi, dan informasi terkait lainnya.

Tambahan Fitur Baru
Fitur baru yang ada di Windows 7 seperti; Cortana dan Settings.

Cortana merupakan asisten digital yang fungsinya seperti asisten digital lainnya seperti Siri (Appledan Google Asistant (Google). Cortana biasanya muncul di task bar maupun terintegrasi pada search di Start Menu.

Para pengguna Windows 10 bisa langsung mencari informasi di internet melalui Cortana, tapi hasil pencariannya masih belum maksimal dan akan tampil di mesin pencarian Bing.

Untuk fitur Settings, seperti namanya memang fitur untuk mengatur hampir keseluruhan sistem yang biasanya diakses lewat Control Panel.

Sinkronisasi
Windows 10 diciptakan untuk bisa melakukan sinkronisasi antar perangkat. Perangkat disini termasuk PC, laptop, tablet, dan Xbox.

Windows 10 memang memberikan kemampuan sinkronisasi antar perangkat yang lebih baik dari Windows 7 yang hanya bisa antar PC dan laptop.

Ini sangat membantu bagi pengguna yang ingin menghubungkan berbagai perangkat yang dimiliki.

Aplikasi Bawaan dan Update
Aplikasi bawaan yang terinstal bersamaan bersama Windows 10 lebih banyak dari Windows 7.

Seperti hadirnya Calender and Mail, dan Maps.

Tambahan aplikasi bawaan dari Windows 10 bisa berguna atau malah hanya menambah beban memori penyimpanan.

Untuk menghapus aplikasi bawaan dari Windows pun cukup sulit.

Selain aplikasi ada juga beberapa game yang terinstal, tapi tidak versi full dan harus mendownload di Windows Store. Untuk game Windows 10 sudah mendukung Directx 12.

Windows 10 juga secara otomatis melakukan update, jadi harus hati-hati kalau kuota terbatas. Tapi, tenang update otomatis di Windows 10 dapat dinonaktifikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah internet

Jenis Jenis modulasi

Pengertian personal area networt